#1 - Tutorial logika dasar pemrograman menggunakan Scratch - Galih Laras Prakoso

Jumat, 27 Desember 2019

#1 - Tutorial logika dasar pemrograman menggunakan Scratch
tutorial-menggunakan-aplikasi-scratch-0
Selamat datang di bagian pertama dari rangkaian cara menjadi programmer pemula hingga profesional. Saya akan berasumsi bahwa kalian semua yang mengikuti tutorial ini adalah orang yang memang baru pertama kali masuk ke dalam dunia pemrograman. Karena kita akan benar-benar memulai semuanya dari nol.

Pada bagian pertama dari rangkaian tutorial ini, saya akan mengajak kalian untuk memahami logika dasar yang nantinya akan banyak membantu kita untuk berfikir kreatif layaknya programmer. Bagaimana kita dapat membuat rangkaian algoritma sederhana untuk menciptakan sesuatu yang kita inginkan.

Scratch - Imagine, Program and Share.

Scratch adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Lifelong Kindergarten Group dari the MIT Media Lab. Dengan aplikasi ini kita bisa menciptakan sebuah cerita interaktif, animasi dan bahkan game. Lalu aplikasi ini juga merupakan platform yang memungkinkan kita untuk saling berbagi karya dengan para pengguna lain.

Scratch memang terlihat seperti aplikasi yang di desain untuk anak-anak. Tapi sebenarnya, aplikasi ini juga bisa kita digunakan untuk orang dewasa yang ingin belajar tentang pemrograman. Aplikasi ini sangatlah sederhana dan sangat mudah untuk dipelajari. Scratch mengajarkan kita untuk dapat berfikir kreatif dan sistematis dan melatih kita untuk dapat bekerja sama dengan orang lain.

Mulai Menggunakan Aplikasi Scratch

Sebelumnya, saya sarankan anda untuk menggunakan komputer untuk menggunakan Scratch. Karena akan lebih mudah karena tampilannya antarmukanya akan lebih luas.
  1. 1. Langsung saja kunjungi aplikasi web nya di alamat ini : https://scratch.mit.edu/ .
  2. 2. Klik 'Join Scratch' untuk mendaftar. Jika sudah pernah mendaftar silahkan klik 'Sign in'.
  3. 3. Lalu kita bisa melihat tampilan utama dari aplikasi Scratch yang akan terlihat seperti ini :
    logika-dasar-aplikasi-scratch-1
    Pada tampilan halaman utama scratch, kita bisa melihat proyek-proyek yang dibuat oleh pengguna-pengguna lain. Kalian bisa melihat-lihat terlebih dahulu.
  4. 4. Untuk mulai membuat proyek Scratch, kalian bisa melakukannya dengan mengklik tombol 'Create' yang pada menu di atas.
  5. 5. Setelah itu, anda akan dibawa ke menu editor yang akan terlihat seperti ini :
    logika-dasar-aplikasi-scratch-2

    Pada gambar di atas kita bisa melihat tampilan yang begitu sederhana dari aplikasi Scratch. Di sebelah kiri adalah 'Tools' apa saja yang bisa kita gunakan, di bagian tengah adalah tempat utama kita untuk menyusun logika yang akan menggerakkan proyek kita, di sebelah kanan adalah preview sekaligus sprite editor yang dapat kita gunakan untuk menambah sprite atau backdrop.

Proyek Pertama Anda Menggunakan Scratch

Yap, setelah anda mengikuti langkah-langkah bagaimana untuk mulai menggunakan aplikasi Scratch. Selanjutnya kita akan membuat sesuatu yang sangat sederhana menggunakan Scratch yang nantinya pengetahuan dasar ini dapat anda gunakan untuk melanjutkan pembelajaran mandiri dengan membuat proyek - proyek yang lebih kompleks menggunakan aplikasi Scratch. (Langkah - langkah ini akan lebih mudah diikuti jika anda melihat langsung video yang ada pada tutorial ini).
  1. 1. Pertama, fokus pada editor pada bagian kiri yang saya sebut dengan 'Tools'. Terdapat tiga bagian yang dipisah menggunakan tab pada menu ini yaitu Code, Costumes dan Sounds.
    - Code. adalah menu yang digunakan untuk memodifikasi logika pada proyek yang kita buat. Dengan tools inilah kita dapat menggerakkan 'sprite' / karakter pada proyek kita, menambahkan 'events' jika pengguna aplikasi yang kita buat menekan tombol atau menekan keyboard, atau memodifikasi tampilan dari karakter yang ada pada proyek kita jika ada suatu kondisi yang terpenuhi.
    - Costumes. Pada menu ini kita dapat mengubah tampilan dari karakter yang ada pada proyek kita.
    - Sounds. Pada menu ini kita dapat mengedit suara yang ada pada proyek kita.
  2. 2. Pada tutorial ini saya hanya akan fokus pada tools yang ada pada tab 'Code'. Karena disinilah terletak logika-logika yang akan membantu kita untuk semakin bisa berfikir seperti seorang programmer.
  3. 3. Langsung saja klik menu Events yang ada pada tab 'Code'.
  4. 4. Masukkan event 'When [Logo bendera hijau] clicked' ke proyek kita dengan cara melakukan drag & drop ke lembar kerja utama kita. Jika berhasil, maka tampilan lembar kerja utama akan terlihat seperti ini :
    logika-dasar-aplikasi-scratch-3
  5. 5. Setelah menambahkan event yang akan men-trigger aksi sesuai kondisi yang kita inginkan, anda bisa menambahkan aksi apa yang akan terjadi jika kondisi tersebut terpenuhi. Mari kita mulai dengan menambahkan 'Looks'. Klik menu 'Looks' dan pilih 'Say hello for 2 seconds' (Drag & drop). Jika berhasil maka tampilannya akan terlihat seperti ini :
    logika-dasar-aplikasi-scratch-4
  6. 6. Setelah berhasil melakukan langkah di atas, anda bisa langsung mencoba menjalankan Proyek anda dengan mengklik logo bendera yang ada pada bagian kanan 'Editor'. Jika berhasil, maka gambar kucing yang ada pada menu editor akan mengucapkan kata 'Hello!' yang terlihat seperti gambar di bawah ini :
    logika-dasar-aplikasi-scratch-5
Yap, dari tutorial di atas, anda bisa mulai menjelajahi 'Tools' lain yang memungkinkan anda untuk membuat sesuatu yang lebih kreatif. Anda bisa membuat game sederhana dengan menambahkan fungsi kontrol. Untuk mempelajari lebih dalam tentang aplikasi Scratch. Silahkan melihat video yang ada pada tutorial ini.

Web App Developer, Mobile App Developer and Startup Enterpreneur.

0 komentar:

Posting Komentar

GALIH LARAS PRAKOSO
-
Yogyakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE