Tutorial React Native Dasar - Bahasa Indonesia - #2 Persiapan - Galih Laras Prakoso

Jumat, 01 Februari 2019

Tutorial React Native Dasar - Bahasa Indonesia - #2 Persiapan
tutorial-react-native-bahasa-indonesia-2-persiapan

Sebelum kita bersentuhan dengan baris kode, tentunya ada beberapa hal yang peru kita persiapkan terlebih dahulu. Karena mungkin kalian memiliki latar belakang yang berbeda-beda jadi aku akan berusaha untuk menulis tutorial React Native ini secara detail agar semua bisa mengikuti. 👌

Node.js
Yang pertama, kita butuh yang namanya Node.js. Oh iya, by the way pada tutorial kali ini kita akan menggunakan Expo, karena dengan Expo, React Native akan dapat dipelajari dengan lebih simple. Karena kita juga tidak akan membuat sesuatu yang terlalu rumit pada seri tutorial kali ini. Yuk, langsung saja bagi kalian yang belum menginstal Node.js bisa mengikuti tutorial yang saya tulis di SINI.

Source Code Editor
Yang kedua, kita butuh Source Code Editor. Apa itu?, Source Code Editor adalah aplikasi yang nantinya akan kita gunakan untuk mengetik baris kodenya. Untuk tutorial kali ini aku sarankan kalian untuk menggunakan Visual Studio Code. Visual Studio Code adalah aplikasi source code editor yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini cukup powerful dan yang paling penting adalah Gratis! hehe. Langsung saja kamu download di SINI.

Git Console
Yang ketiga, kita butuh Git. Karena expo perlu Git untuk melakukan penginstalan. Kalian bisa download git di SINI.

Android / IOS Emulator atau Smartphone (Android / IOS)
Yang keempat, kita membutuhkan perangkat agar kita bisa menjalankan aplikasi yang kita buat pada perangkat tersebut. Jika kalian sudah memiliki Android Studio atau XCode, atau jika kalian asing dengan kedua software tersebut kalian bisa menggunakan smartphone kalian sendiri. Yang perlu kalian lakukan jika kalian menggunakan smartphone kalian sendiri adalah menginstal aplikasi Expo mobile pada smartphone kalian, kalian bisa download aplikasinya di PlayStore atau AppStore.

tutorial-react-native-bahasa-indonesia-2-persiapan-meme
Oke, jika sudah siap semuanya. Mari kita mulai menuliskan baris kode! Lanjut ke tutorial selanjutnya. 👇
Tutorial React Native Dasar - Bahasa Indonesia - #3 Hello World

Web App Developer, Mobile App Developer and Startup Enterpreneur.

0 komentar:

Posting Komentar

GALIH LARAS PRAKOSO
-
Yogyakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE