Tutorial React Native Dasar - Bahasa Indonesia - #1 Apa itu React Native - Galih Laras Prakoso

Jumat, 01 Februari 2019

Tutorial React Native Dasar - Bahasa Indonesia - #1 Apa itu React Native

Hallo teman-teman, selamat datang di blogku. Kali ini aku akan menulis tutorial tentang React Native, mungkin sebelum membaca tutorial ini kalian sudah mencoba-coba sendiri atau mencari tahu tentang apa itu React Native dan bagaimana cara membuat aplikasi dengan react native dan ada juga mungkin dari kalian yang sama sekali belum tahu apa itu React Native. 😁

Nah, cocok sekali kalau begitu. Mau bagaimanapun latar belakang kalian, tutorial ini tetap akan cocok untuk kalian karena aku akan membahas React Native dari hal yang paling dasar sampai kalian bisa membuat aplikasi mobile sendiri dengan React Native.

Tutorial ini akan dibagi menjadi beberapa bagian, dengan begitu kalian akan lebih mudah untuk mengikutinya langkah demi langkah. Jika tidak selesai satu hari, kalian bisa melanjutkan untuk belajar di hari selanjutnya. Oke, yuk langsung saja kita mulai.

Apa itu React Native?

Bagi kalian yang mungkin berangkat dari seorang web developer, mungkin kalian sudah pernah mempelajari React, bagi kalian yang tidak berangkat dari seorang web developer mungkin asing ketika mendengar nama React. React adalah salah satu library javascript yang dikembangkan oleh Facebook. React adalah library open source yang dapat kita gunakan secara gratis bahkan kita juga dapat berkontribusi untuk mengembangkan. React merupakan User Interface Library yang digunakan untuk membangun komponen dari UI ( User Interface ).

Nah, kalau React Native sebenarnya pada dasarnya adalah React, namun jika React digunakan untuk membangun UI web, React Native digunakan untuk membangun UI untuk Mobile Native App. Dengan menggunakan React Native kita dapat langsung membuat aplikasi untuk dua platform yaitu Android dan IOS. Wow! sangat menarik bukan? 😏


Dengan React Native kita bisa membangun sebuah Hybird Mobile App. Terdengar lebih efisien, hmm, memang. Selain itu React Native juga memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi dengan ekosistem yang berada di native platform masing-masing. Kita dapat berinteraksi dengan Kamera, Lokasi, dsb. Dengan begini, proses pengembangan aplikasi mobile akan menjadi super cepat dan efisien.

Udah ga sabar ya? Yuk langsung saja menuju ke tutorial selanjutnya. 💪👇
Tutorial React Native Dasar - Bahasa Indonesia - #2 Persiapan

Web App Developer, Mobile App Developer and Startup Enterpreneur.

0 komentar:

Posting Komentar

GALIH LARAS PRAKOSO
-
Yogyakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE