Tutorial Android Dasar - Bahasa Indonesia - #2 Jalankan Aplikasi Pertamamu - Galih Laras Prakoso

Selasa, 05 Februari 2019

Tutorial Android Dasar - Bahasa Indonesia - #2 Jalankan Aplikasi Pertamamu
tutorial-android-dasar-bahasa-indonesia
Setelah kalian berhasil mendownload dan menginstal Android Studio. Buka aplikasinya dan pilih "Start a new Android Studio project". Kemudian akan ada kotak dialog yang muncul untuk membuat project Android Studio. Akan ada beberapa input yang harus diisi. Kamu bisa mengisinya seperti dibawah ini,  Untuk nama aplikasi kali ini kita sepakat untuk membuatnya sama yaitu TutorialAndroidDasar, untuk Company Domain kalian bisa isi dengan menggunakan nama kalian, dan lokasi project juga kalian bisa letakkan di mana saja di komputer kalian :

tutorial-android-dasar-2-1

Untuk pilihan Include C++ Support dan Include Kotlin Support tidak usah dicentang dan setelah itu klik tombol Next. Setelah itu, akan ada dialog untuk memilih form factors dan minimum SDK. Pilih Phone and Tablet dan pilih API 21 ( Android 5.0 ) Lolipop. Dengan begitu kita menargetkan aplikasi kita agar dapat diinstall oleh 85% pengguna Android.

tutorial-android-dasar-2-2

Setelah itu akan muncul dialog lagi untuk menambahkan Activity pada aplikasi yang barusan kita buat. Pada dialog ini, silahkan pilih Empty Activity. Dengan begitu Android Studio akan menambahkan satu Activity kosong ke dalam aplikasi kita. Setelah itu klik Next, akan muncul pilihan untuk menentukan nama Activity dan nama Layout. Biarkan saja namanya seperti itu, tidak usah diganti dan kemudian klik Finish.

tutorial-android-dasar-2-3

Setelah itu Android Studio akan menyiapkan project. Tunggu hingga prosesnya selesai. Jika prosesnya sudah selesai.Struktur folder dari project yang kita buat akan terlihat seperti ini :

tutorial-android-dasar-2-4

Jika sudah betul, dan tidak terjadi Error. Klik tombol Play berwarna hijau untuk menjalankan aplikasi. Colokkan smartphone Android kalian dengan kabel USB. Pastikan kalian sudah berhasil menyalakan USB Debugging smartphone kalian masing-masing. Jika USB Debugging sudah menyala dan kalian sudah mencolokkan smartphone kalian menggunakan kabel USB. Tentunya Android Studio akan berhasil mendeteksi perangkat kalian seperti ini :

tutorial-android-dasar-2-5

Pilih smarphone kalian kemudian klik tombol Ok. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil dijalankan di smartphone kalian. Untuk kalian yang mungkin males ribet dan memiliki laptop / komputer dengan spesifikasi yang powerful. Kalian bisa menggunak emulator dengan cara mengklik tombol Create New Virtual Device untuk membuat Virtual Device.

Catatan : Beberapa smartphone biasanya memerlukan persetujuan untuk menginstall aplikasi Android. Jadi pantengin smartphone kalian siapa tahu ada pop up yang menanyakan izin penginstallan aplikasi. Jika berhasil, maka tampilan aplikasi harusnya seperti ini :

tutorial-android-dasar-2-6

Selamat kamu telah berhasil menjalankan aplikasi Android pertamamu. Ini membuktikan bahwa kamu bisa lanjut ke tutorial selanjutnya! Gaskeun! 😁👇
Tutorial Android Dasar - Bahasa Indonesia - #3 Explore

Web App Developer, Mobile App Developer and Startup Enterpreneur.

0 komentar:

Posting Komentar

GALIH LARAS PRAKOSO
-
Yogyakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE