Tutorial Android Dasar - Bahasa Indonesia - #1 Apa itu Android? - Galih Laras Prakoso

Senin, 04 Februari 2019

Tutorial Android Dasar - Bahasa Indonesia - #1 Apa itu Android?
tutorial-android-dasar-bahasa-indonesia-1-cover
Hallo teman-teman, selamat datang di blogku buat kalian yang baru pertama kali mengunjungi blogku. Kali ini aku akan berbagi ilmu tentang Android. Karena ini baru pertama kali, jadi aku akan berbagi tentang fundamental dari Android. Jadi, tutorial ini sangat cocok buat kalian yang benar-benar baru pertama kali mengenal Android Development.

Apa itu Android?

Android adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google untuk smartphone dan beberapa perangkat lain seperti tablet, televisi, smartwatch dsb. Android dapat berjalan di banyak perangkat dengan diproduksi oleh berbagai produsen smartphone. Android memiliki SDK ( Software Development Kit ) untuk menulis native code dan assembling software module untuk membuat aplikasi yang akan digunakan oleh pengguna Android. Google juga menyediakan marketplace untuk mendistribusikan aplikasi yaitu PlayStore. Jadi, dapat kita pahami bahwa Android merepresentasikan sebuah ekosistem untuk aplikasi mobile.

Kenapa kita mengembangkan aplikasi Android?
Hey, kita semua tahu bahwa Android adalah platform yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Android digunakan di lebih dari 190 negara di dunia. Setiap harinya jutaan pengguna menggunakan Android untuk menunjang produktivitas, bermain game, berinteraksi secara digital melalui sosial media dll.

Selain itu, android sangat mudah dikembangkan. Karena dukungan dari Google yang luar biasa, mulai dari menyediakan IDE yang sangat luar biasa yaitu Android Studio, hingga memberikan akses kepada para developer ke dokumentasi yang begitu lengkap, memungkinkan para developer untuk dapat dengan mudah mempelajari dan menuangkan ide mereka ke dalam bentuk Aplikasi Android.

Arsitektur Sistem Operasi Android
Sistem Operasi Android berdiri di atas Linux Kernel yang ada di layer paling bawah yang bekerja sebagai pondasi dari Sistem Operasi Android. Berikut adalah arsitektur dari aplikasi Android.
tutorial-android-dasar-bahasa-indonesia-1
https://google-developer-training.github.io/android-developer-fundamentals-course-concepts/en/android-developer-fundamentals-course-concepts-en.pdf

Untuk lebih jelasnya lagi, jika kamu tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam kamu bisa mengunjungi link yang ada pada caption gambar di atas.

Install Android Studio
Nah, sebelum kita mulai tutorial ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Yang pertama, pastikan kalian sudah menginstall Android Studio. Kalau belum, kalian bisa download Android Studio sesuai dengan sistem operasi kalian masing-masing. Download di SINI.

Yang kedua, jika spesifikasi laptop kalian tidak terlalu powerful, aku sarankan untuk tidak menggunakan emulator pada Android Studio. Karena menurutku berat banget. Aku sarankan kalian untuk menggunakan Smartphone Android kalian saja. Dan pastikan kalian sudah menyalakan opsi USB Debugging pada smartphone kalian. Gimana caranya? Silahkan Googling dengan keyword : "Cara menyalakan USB Debugging [Merek smartphone]".

Jika sudah siap semua. Berarti kamu siap untuk lanjut ke tutorial berikutnya. Di tutorial berikutnya kita akan belajar menjalankan aplikasi Android pertama kita. Yuk, jangan lama-lama langsung gas aja ke tutorial selanjutnya! 😀👇
Tutorial Android Dasar - Bahasa Indonesia - #2 Jalankan Aplikasi Pertamamu

Web App Developer, Mobile App Developer and Startup Enterpreneur.

0 komentar:

Posting Komentar

GALIH LARAS PRAKOSO
-
Yogyakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE