Apa itu Node.js dan cara menginstalnya ( NPM ) - Galih Laras Prakoso

Jumat, 01 Februari 2019

Apa itu Node.js dan cara menginstalnya ( NPM )
JavaScript adalah bahasa yang sangat dekat sekali dengan para Web Developers. Mereka menggunakan javascript untuk membuat tampilan website semakin hidup dengan menambahkan interaksi-interaksi dan animasi yang menarik untuk berinteraksi dengan penggunanya.

Nah, semakin majunya teknologi khususnya pengembangan Javascript, kini javascript tidak hanya digunaan di front-end tetapi juga di back-end. Dengan Node.js, kini Javascript bisa menjadi bahasa pemrograman yang dapat berjalan di server-side. Sebenarnya sudah lama sih Node.js mulai dikembangkan yaitu pada tahun 2009 oleh Mas Ryan Dahl. Kalau pengen tahu lebih dalam, kamu bisa tonton video presentasinya di bawah ini :

Apa itu Node.js?

Node.js adalah sebuah Server Environment yang dikembangkan secara open-source jadi Node.js ini dapat digunakan dan dikembangkan oleh siapapun secara cuma-cuma alias gratis. Node.js ini dapat berjalan di banyak platform seperti Windows, Linux, Mac OS, Unix dsb. Intinya Node.js ini adalah server environment yang memungkinkan kita untuk dapat menggunakan Javascript di server.
Kode di atas adalah contoh sederhana untuk menjalankan server Node.js. Sangat menarik bukan? untuk tutorial membangun sesuatu dengan Node.js mungkin aku akan tulis di postingan-postingan selanjutnya untuk kali ini cara nginstalnya aja dulu ya, lagian cara nginstalnya cukup mudah kok seperti nginstal software pada umumnya. Langsung saja download Node.js installer disini : https://nodejs.org/en/ .

Setelah menginstal Node.js pada komputer kamu, sekarang kamu dapat mengakses Node.js menggunakan CMD / Terminal. Coba sekarang buka aplikasi CMD / Terminal, ketikan kode di bawah ini lalu tekan enter :
node -v
Perintah diatas akan menunjukkan versi Node.js yang terinstal pada komputermu saat ini. Sekarang coba ketikan kode di bawah ini lalu tekan enter :
npm -v
Perintah di atas akan menunjukkan versi NPM (Node package manager) yang terinstal di komputer kamu. Sekarang kamu sudah siap untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa dengan Node.js. Selamat berkarya!

Web App Developer, Mobile App Developer and Startup Enterpreneur.

0 komentar:

Posting Komentar

GALIH LARAS PRAKOSO
-
Yogyakarta, Indonesia

SEND ME A MESSAGE